Pages

Rabu, 18 Maret 2015

PROPOSAL BISNIS







PROPOSAL USAHA
TWO IN ONE HIJAB (JILBAB DUA WARNA)
Untuk Memenuhi Tugas Terstruktur Pengantar Bisnis

Dibuat Oleh:

Sylvia Apriyana Safitrie                     7211414030
Umiyatun Hanifah                             7211414040
Indah Kurniasih                                 7211414132
Maylani Maftuchah                            7211414134
Desi Tirawati                                      7211414136
Tri Liana Rahmawati                         7211414195

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
SEMARANG
2014
DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL......................................................................................... 1
DAFTAR ISI......................................................................................................... 2
BAB I. PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah ........................................................................ 3
B.     Rumusan Masalah ................................................................................. 3
C.     Tujuan .................................................................................................... 4
BAB II. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA DAN ASPEK PEMASARAN
A.    Analisis Produk ..................................................................................... 5
B.     Pasar Keseluruhan ................................................................................. 5
C.     Segmen Pasar dan Kebutuhan Pasar ..................................................... 6
D.    Faktor Kompetitif ................................................................................. 6
BAB III. RENCANA PELAKSANAAN USAHA
A.    Rencana Pembuatan Produk  ................................................................ 8
B.     Kebijakan Promosi ................................................................................ 9
C.     Kebijakan Distribusi .............................................................................. 9
D.    Bagan Organisasi ................................................................................... 9









BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG USAHA
Pengangguran yang terjadi di Indonesia dikarenakan tidak sebanding jumlah lapangan pekerjaan yang ada dengan jumlah penduduk Indonesia yang semakin lama semakin meningkat. Untuk mengatasi masalan ini perlu diciptakan terobosan-terobosan baru dalam menciptakan peluang kerja. Penciptaan terobosan-terobosan baru ini bisa dilakukan dengan membuka usaha kecil-kecilan terlebih dahulu. Usaha kecil-kecilan yang dikelola dengan baik akan berpeluang menjadi usaha yang besar.
Salah satu peluang usaha yang masih terbuka lebar adalah usaha fashion. Di era sekarang sudah banyak orang yang memakai jilbab dan hampir semua perempuan muslim memakainya baik saat pergi ke sekolah, kuliah, atau pergi ke suatu acara. Jilbab yang dipakai pun beraneka ragam, corak, dan bentuk. Bisa kita katakan bahwa jilbab sudah menjadi kebutuhan yang penting bagi kaum hawa. Dan mereka cenderung memilih jilbab yang praktis dan ekonomis terutama kalangan pelajar atau mahasiswa.
B.     RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang yang dipaparkan terdapat beberapa rumusan masalah, antara lain :
1.      Bagaimana cara memanfaatkan kondisi sekarang, dimana hampir semua orang memakai jilbab?
2.      Bagaimana cara menghasilkan produk yang diminati di kalangan pelajar atau mahasiswa?
3.      Bagaimana cara memasarkan produk yang telah dihasilkan secara efektif dan efisien?


C.    TUJUAN
Proposal ini dibuat dengan tujuan sebagai berikut :
1.      Mengoptimalkan peluang usaha yang sekarang ada.
2.      Menghasilkan produk baru berupa jilbab yang bersifat ekonomis, menarik, dan diminati.
3.      Meningkatkan ketrampilan dalam memasarkan produk dengan efektif dan efisien.
4.      Bisa memperoleh profit dari usaha.


















BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
DAN ASPEK PEMASARAN

A.    ANALISIS PRODUK
1.      Jenis, Nama Produk dan Karakteristik Produk
Jenis produk yang akan dihasilkan dalam usaha ini adalah jilbab segi empat dengan dua warna. Kami ingin menghasilkan jilbab dengan dua warna karena jilbab tersebut bersifat praktis dan ekonomis. Produk ini diberi nama “TWO IN ONE HIJAB”
Adapun karakteristik produk yang akan dihasilkan dari usaha ini adalah produk berupa jilbab dengan bahan hicon yang tidak tembus pandang dengan dua warna yang warnanya bisa ditentukan oleh konsumen.
2.      Keunggulan Jilbab Dua Warna
Keunggulan dari produk yang dihasilkan antara lain:
a)      Produk ini merupakan jilbab yang praktis karena satu jilbab terdiri dari dua warna yang berbeda.
b)      Produk yang dihasilkan berbeda dengan produk jilbab yang sudah ada sebelumnya.
c)      Bahan baku produk mudah didapatkan dan bersifat tidak transparan.

B.     PASAR KESELURUHAN
Pemasaran dalam dunia usaha mempunyai arti sangat penting. Karena pemasaran dapat menetukan hidup dan matinya suatu perusahaan. Pemasaran yang baik dan terarah dapat membantu perkembangan suatu perusahaan dengan tepat dan pesat.
Pasar keseluruhan merupakan sasaran yang dituju oleh perusahaan dalam menjalankan usahanya, disini kami menetapkan pasar keseluruhan yaitu mahasiswi UNNES dan pelajar di Kabupaten Semarang.
Sedangkan daerah yang dipilih oleh  TWO IN ONE HIJAB  yaitu UNNES, namun pengusaha akan tetap berusaha untuk mengembangkan dan membuka cabang usaha yang dijalankannya didaerah lainnya juga.

C.    SEGMEN PASAR DAN KEBUTUHAN PASAR
1.      Segmen Pasar
Ø Segmenting
Yang menjadi segmen pasar usaha kami adalah mahasiswi dan pelajar.
Ø Targetting
Yang menjadi target pasar kami adalah seluruh mahasiswi UNNES dan teman-teman mahasiswi tersebut di daerah asalnya.

2.      Kebutuhan Pasar
Kebutuhan hijabers akan perkembangan produk jilbab yang semakin kreatif serta modifikasi yang unik dan berbeda sangat tinggi dan beragam. Hal tersebut dikarenakan mahasiwa selalu tertarik dengan sesuatu yang baru dan ekonomis.

D.    FAKTOR KOMPETITIF
Saat ini, usaha yang bergerak di bidang jilbab tidak terhitung jumlahnya. Hal ini terlihat dari banyaknya toko-toko kerudung/jilbab dipasaran dan disekitar lingkup masyarakat. Sehingga, perlu adanya strategi khusus untuk mengatasi persaingan yang semakin ketat diantaranya strategi pemasaran, variasi produk hingga kemasan produk. Kami mempunyai beberapa cara, antara lain :
1.      Kami menyediakanjasa “Order” dan “Delivery” yaitu jasa pemesanan dan jasa antar bagi pelanggan.
2.      Kami memperhatikan daya beli mahasiswa dan pelajar, sehingga kami menjual produk ini dengan harga yang terjangkau.
3.      Memberikan pelayanan yang terbaik dan prima untuk para pelanggan kami.
4.      Melakukan promosi dengan cara advertising, memasang pamflet, dan mempromosikan lewat media sosial.






















BAB III
RENCANA PELAKSANAAN USAHA

A.    RENCANA PEMBUATAN PRODUK
Rencana pembuatan Produk TWO IN ONE HIJAB selama tiga bulan adalah sebagai berikut :
a)      1 minggu                              : 20 buah
b)      1 bulan                                 : 4 x 20 buah =  80
c)      3 bulan                                 : 3 x 80 buah = 240
Harga produksi per buah Rp 30.000,00
Harga penjualan per buah Rp 35.000,00
Harga penjualan 3 bulan                          = Rp 35.000 x 240 bungkus
                                                = Rp 8.400.000,00
Laba Penjualan 3 bulan          = Harga Jual – Biaya Produksi
                                                                  = Rp 8.400.000,00 – Rp 7.200.000,00
                                                                  = Rp 1.200.000,00
a)    Perhitungan BEP
Ø  BEP Volume Produksi    = Total Biaya    = Rp 7.200.000,00
                                                                         Harga                Rp 30.000,00                                                            = 205,71 = 206
Jadi pada tingkat volume produksi 206 buah, usaha ini berada pada titik impas. BEP ini terjadi pada bulan ketiga produksi.


Ø  B/C Ratio                        =     Hasil Penjualan
                                           Total Biaya Produksi
                                                                  =                     Rp 8.400.000,00
                                                                     Rp 7.200.0000,00
                                                                  = 1,17
Karena ratio lebih besar dari satu yaitu 1,17 maka usaha ini layak untuk dijalankan.


B.     KEBIJAKAN PROMOSI
Promosi adalah kegiatan yang mengenalkan suatu produk kepada masyarakat untuk  meningkatkan daya jual produk tersebut, adapun kebijakan yang kami terapkan dalam pemasaran produk ini adalah mempromosikan lewat jejaring social seperti facebook, twitter dan sebagainya, selain itu, kita juga mempromosikan secara langsung kepada konsumen dan menyebarkan beberapa selebaran kepada para mahasiswa dan masyarakat.

C.    KEBIJAKAN DISTRIBUSI
Distribusi adalah kegiatan menyalurkan suatu barang kepada konsumen. Adapun cara kamai dalam mendistribusikan produk ini yaitu, dengan menawarkan langsung kepada mahasiswa dan menggunakan jasa paket.
D.    BAGAN ORGANISASI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar