PROPOSAL USAHA
TWO IN ONE HIJAB (JILBAB DUA WARNA)
Untuk
Memenuhi Tugas Terstruktur Pengantar Bisnis
Dibuat Oleh:
Sylvia Apriyana Safitrie 7211414030
Umiyatun Hanifah 7211414040
Indah Kurniasih 7211414132
Maylani Maftuchah 7211414134
Desi Tirawati 7211414136
Tri Liana Rahmawati 7211414195
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
SEMARANG
2014
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL......................................................................................... 1
DAFTAR ISI......................................................................................................... 2
BAB I. PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah ........................................................................ 3
B.
Rumusan
Masalah ................................................................................. 3
C.
Tujuan
.................................................................................................... 4
BAB II. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA DAN ASPEK
PEMASARAN
A.
Analisis
Produk ..................................................................................... 5
B.
Pasar
Keseluruhan ................................................................................. 5
C.
Segmen
Pasar dan Kebutuhan Pasar ..................................................... 6
D.
Faktor
Kompetitif ................................................................................. 6
BAB III. RENCANA PELAKSANAAN USAHA
A.
Rencana
Pembuatan Produk ................................................................ 8
B.
Kebijakan
Promosi ................................................................................ 9
C.
Kebijakan
Distribusi .............................................................................. 9
D.
Bagan
Organisasi ................................................................................... 9
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG USAHA
Pengangguran
yang terjadi di Indonesia dikarenakan tidak sebanding jumlah lapangan pekerjaan
yang ada dengan jumlah penduduk Indonesia yang semakin lama semakin meningkat.
Untuk mengatasi masalan ini perlu diciptakan terobosan-terobosan baru dalam
menciptakan peluang kerja. Penciptaan terobosan-terobosan baru ini bisa
dilakukan dengan membuka usaha kecil-kecilan terlebih dahulu. Usaha
kecil-kecilan yang dikelola dengan baik akan berpeluang menjadi usaha yang
besar.
Salah
satu peluang usaha yang masih terbuka lebar adalah usaha fashion. Di
era sekarang sudah banyak orang yang memakai jilbab dan hampir semua perempuan
muslim memakainya baik saat pergi ke sekolah, kuliah, atau pergi ke suatu
acara. Jilbab yang dipakai pun beraneka ragam, corak, dan bentuk. Bisa kita
katakan bahwa jilbab sudah menjadi kebutuhan yang penting bagi kaum hawa. Dan
mereka cenderung memilih jilbab yang praktis dan ekonomis terutama kalangan
pelajar atau mahasiswa.
B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan
latar belakang yang dipaparkan terdapat beberapa rumusan masalah, antara lain :
1.
Bagaimana
cara memanfaatkan kondisi sekarang, dimana hampir semua orang memakai jilbab?
2.
Bagaimana
cara menghasilkan produk yang diminati di kalangan pelajar atau mahasiswa?
3.
Bagaimana
cara memasarkan produk yang telah dihasilkan secara efektif dan efisien?
C. TUJUAN
Proposal ini dibuat dengan tujuan
sebagai berikut :
1.
Mengoptimalkan
peluang usaha yang sekarang ada.
2.
Menghasilkan
produk baru berupa jilbab yang bersifat ekonomis, menarik, dan diminati.
3.
Meningkatkan
ketrampilan dalam memasarkan produk dengan efektif dan efisien.
4.
Bisa
memperoleh profit dari usaha.
BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
DAN ASPEK PEMASARAN
A.
ANALISIS
PRODUK
1.
Jenis,
Nama Produk dan Karakteristik Produk
Jenis
produk yang akan dihasilkan dalam usaha ini adalah jilbab segi empat dengan dua
warna. Kami ingin menghasilkan jilbab dengan dua warna karena jilbab tersebut
bersifat praktis dan ekonomis. Produk ini diberi nama “TWO IN ONE HIJAB”
Adapun
karakteristik produk yang akan dihasilkan dari usaha ini adalah produk berupa jilbab
dengan bahan hicon yang tidak tembus pandang dengan dua warna yang warnanya
bisa ditentukan oleh konsumen.
2.
Keunggulan
Jilbab Dua Warna
Keunggulan
dari produk yang dihasilkan antara lain:
a) Produk
ini merupakan jilbab yang praktis karena satu jilbab terdiri dari dua warna
yang berbeda.
b) Produk
yang dihasilkan berbeda dengan produk jilbab yang sudah ada sebelumnya.
c) Bahan
baku produk mudah didapatkan dan bersifat tidak transparan.
B.
PASAR
KESELURUHAN
Pemasaran dalam
dunia usaha mempunyai arti sangat penting. Karena pemasaran dapat menetukan
hidup dan matinya suatu perusahaan. Pemasaran yang baik dan terarah dapat
membantu perkembangan suatu perusahaan dengan tepat dan pesat.
Pasar keseluruhan
merupakan sasaran yang dituju oleh perusahaan dalam menjalankan usahanya,
disini kami menetapkan pasar keseluruhan yaitu mahasiswi UNNES dan pelajar di
Kabupaten Semarang.
Sedangkan daerah
yang dipilih oleh TWO IN ONE HIJAB yaitu UNNES, namun pengusaha akan tetap
berusaha untuk mengembangkan dan membuka cabang usaha yang dijalankannya
didaerah lainnya juga.
C.
SEGMEN
PASAR DAN KEBUTUHAN PASAR
1. Segmen
Pasar
Ø Segmenting
Yang
menjadi segmen pasar usaha kami adalah mahasiswi dan pelajar.
Ø Targetting
Yang
menjadi target pasar kami adalah seluruh mahasiswi UNNES dan teman-teman
mahasiswi tersebut di daerah asalnya.
2. Kebutuhan
Pasar
Kebutuhan hijabers
akan perkembangan produk jilbab yang semakin kreatif serta modifikasi yang unik
dan berbeda sangat tinggi dan beragam. Hal tersebut dikarenakan mahasiwa selalu
tertarik dengan sesuatu yang baru dan ekonomis.
D.
FAKTOR
KOMPETITIF
Saat ini, usaha
yang bergerak di bidang jilbab tidak terhitung jumlahnya. Hal ini terlihat dari
banyaknya toko-toko kerudung/jilbab dipasaran dan disekitar lingkup masyarakat.
Sehingga, perlu adanya strategi khusus untuk mengatasi persaingan yang semakin
ketat diantaranya strategi pemasaran, variasi produk hingga kemasan produk. Kami
mempunyai beberapa cara, antara lain :
1. Kami
menyediakanjasa “Order” dan “Delivery” yaitu jasa pemesanan dan jasa antar bagi
pelanggan.
2. Kami
memperhatikan daya beli mahasiswa dan pelajar, sehingga kami menjual produk ini
dengan harga yang terjangkau.
3. Memberikan
pelayanan yang terbaik dan prima untuk para pelanggan kami.
4. Melakukan
promosi dengan cara advertising, memasang pamflet, dan mempromosikan lewat
media sosial.
BAB III
RENCANA PELAKSANAAN USAHA
A.
RENCANA
PEMBUATAN PRODUK
Rencana
pembuatan Produk TWO IN ONE HIJAB selama tiga bulan adalah sebagai berikut :
a)
1 minggu :
20 buah
b)
1 bulan :
4 x 20 buah = 80
c)
3 bulan :
3 x 80 buah = 240
Harga
produksi per buah Rp 30.000,00
Harga
penjualan per buah Rp 35.000,00
Harga
penjualan 3 bulan = Rp 35.000 x 240 bungkus
=
Rp 8.400.000,00
Laba
Penjualan 3 bulan = Harga Jual –
Biaya Produksi
=
Rp 8.400.000,00 – Rp 7.200.000,00
=
Rp 1.200.000,00
a) Perhitungan
BEP
Ø BEP Volume
Produksi = Total Biaya = Rp
7.200.000,00
Harga Rp 30.000,00 = 205,71
= 206
Jadi pada
tingkat volume produksi 206 buah, usaha ini berada pada titik impas. BEP ini
terjadi pada bulan ketiga produksi.
Ø B/C Ratio = Hasil Penjualan

= Rp 8.400.000,00
Rp
7.200.0000,00
=
1,17
Karena
ratio lebih besar dari satu yaitu 1,17 maka usaha ini layak untuk dijalankan.
B.
KEBIJAKAN
PROMOSI
Promosi adalah kegiatan
yang mengenalkan suatu produk kepada masyarakat untuk meningkatkan daya jual produk tersebut,
adapun kebijakan yang kami terapkan dalam pemasaran produk ini adalah
mempromosikan lewat jejaring social seperti facebook, twitter dan sebagainya,
selain itu, kita juga mempromosikan secara langsung kepada konsumen dan
menyebarkan beberapa selebaran kepada para mahasiswa dan masyarakat.
C.
KEBIJAKAN
DISTRIBUSI
Distribusi
adalah kegiatan menyalurkan suatu barang kepada konsumen. Adapun cara kamai
dalam mendistribusikan produk ini yaitu, dengan menawarkan langsung kepada
mahasiswa dan menggunakan jasa paket.
D. BAGAN ORGANISASI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar